Let's enjoy

Minggu, 16 Maret 2014

Review Artikel



BULELENG FESTIVAL 2013
Oleh Jajang Suryana

Rangkaian "Pesta 17 Agustusan", di Buleleng, Bali Utara, diadakan berbagai kegiatan yang melibatkan banyak pelaku seni rupa belia dimulai dari kegiatan mewarnai gambar, menggambar ilustrasi, dan menggambar karikatur. Kegiatan ini   diselenggarakan di sekitar rumah dinas Bupati Buleleng yang diikuti oleh kalangan belia dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa. Suasana sangat meriah dan ramai karena hajatan ini melibatkan peserta lomba dari berbagai sudut lokasi sekolah di kawasan Buleleng yang dikerahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng.
Ketika tangan kekuasaan (pemerintah) memaksa sekolah untuk turut serta dalam lomba olah seni, membuat kegiatan yang jarang bisa melibatkan banyak peserta ini menjadi sangat kondusif. Hamper keseluruhan sekolah mengirimkan peserta lomba untuk ajang ini. Memang seharusnya seperti itu. Pemerintah harus turut serta dalam menghidupkan kegiatan seni, mengingat Bali sebagai destinasi wisata yang bergantung pada kesenian.
Tidak hanya senirupawan belia, dalam Buleleng Festival (Bulfest) 2013 ini, juga dijadikan ajang  untuk pameran lukisan-lukisan karya senirupawan Buleleng. Pameran lukisan digelar untuk melengkapi kegiatan Bulfest ini. Tidak hanya itu, ada pula pameran kuliner Buleleng yang digelar di Jalan Veteran, depan kantor Bupati Buleleng.
Menurut saya, acara tersebut sangatlah tepat jika diadakan setiap tahunnya. Acara itu memiliki banyak manfaat dan dapat melibatkan berbagai belah pihak. Terutama sekali bagi siswa dan seniman lainnya. Untuk kalangan pelajar, dengan adanya lomba mewarnai gmbar ataupun lomba lainnya, akan dapat melahirkan ide-ide baru dan menumbuhkembangkan kreasi anak-anak dalam hal karya seni. Bagi seniman lainnya, akan sangat tepat jika festival ini dijadikan sebagai ajang untuk memperkenalkan karyanya kepada public. Bahkan seharusnya tidak hanya seniman Buleleng saja, melainkan dari berbagai kabupaten ataupun provinsi.

Sumber: http://rupasenirupa.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar