Let's enjoy

Selasa, 04 Maret 2014

Pendidikan seni rupa



Pendidikan Kerajinan Tangan dan Seni rupa
Mahasiswa PGSD semester 4 tentu akan mendapatkan mata kuliah Pendidikan Kerajinan Tangan dan Seni rupa begitu pula dengan saya. Kuliah pertama tentang seni rupa dilaksanakan pada hari Senin 17 Pebruari 2014 di ruang kuliah jurusan Seni Rupa. Kuliah berlangsung diawali dengan dosen menyampaikan sedikit hal tentang perkuliahan selanjutnya. hal yang akan dilakukan dalam perkuliahan yaitu :
  • Teori
  • Praktik
  • Pengetahuan Mengajar
  • Perencanaan persiapan mengajar 
Seni merupakan hasil karya manusia yang bernilai indah. Ada banyak jenis karya seni yang sering kita lihat dan jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya seni lukis, seni patung, seni ukir, dan lain sebagainya. Semua seni tersebut memiliki keindahan tersendiri. Salah satu seni yang harus dapat diajarkan pada anak SD adalah seni lukis. Seni lukis dapat menggunakan berbagai macam media diantaranya buku gambar, kanvas, cat air maupun pensil warna.
Untuk melakukan praktik awal untuk minggu berikutnya dosen menganjurkan membawa alat-alat lukis sederhana yang akan digunakan untuk melukis nantinya. Adapun alat-alat tersebut adalah :
1.      Buku gambar ukuran A4
2.      Cat air dengan merk osama, quitar dan lain sebagainya.
3.      Kuas nomor 7
4.      Palet
Tujuan membawa alat-alat di atas adalah untuk berlatih membuat goresan-goresan sederhana sehingga menjadi lukisan. Meskipun bukan jurusan seni rupa, namun alangkah baiknya dapat melukis agar nantinya kita sebagai calon guru dapat mengajarkannya pada anak SD. Pembelajaran selengkapnya akan diadakan minggu depannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar