Let's enjoy

Minggu, 09 Maret 2014

Coretan Warna Pertamaku






Melukis merupakan suatu cara yang dapat digunakan untuk mengekspresikan imajinasi di dalam benak kita. Dengan melukis kita dapat menuangkan ide-ide ke dalam bentuk dua dimensi baik yang berbahan kertas maupun kanvas. Pada perkuliahan Seni Rupa tanggal 24 Pebruari 2014 yang dilaksankan di gedung kuliah seni rupa saya beserta teman-teman kelas A jurusan PGSD semester IV akan mencoba melukis sederhana meskipun diantara kami mungkin tidak semua memiliki jiwa seni. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba karena dengan mencoba kita akan mengetahui hasil karya diri kita masing-masing. Adapun alat yang telah dipersiapkan yaitu cat air, buku gambar, kuas nomor 7, palet serta air. Awalnya semua mahasiswa, termasuk saya merasa kebingungan harus melukis apa karena memang saya tidak memiliki jiwa seni sama sekali. Lalu ditugaskanlah salah satu mahasiswa untuk menyanyikan lagu “Juru Pencar” kemudian yang lain membuat goresan-goresan dari cat air berdasarkan ritme lagu tersebut. Sampai satu kalimat lagu terputar, saya belum juga menggoreskan apa-apa karena saya sedikit merasa canggung. Saya pernah melukis dengan cat air hanya saat duduk di bangku SD dan rasanya sangat berbeda dengan sekarang.
Saya merasa melukis sangat sulit dan hampir berputus asa dengan yang saya buat tersebut. Lalu saya melihat teman-teman disekitar saya yang telah mampu menggoreskan beberapa goresan warna dan dengan itu ada sedikit motivasi bagi saya untuk mencoba. Mula-mula saya mulai dengan warna biru dan saya membuat garis naik turun sesuai irama lagu yang dinyanyikan. Ternyata walaupun baru beberapa garis telah menunjukkan adanya keindahan tersendiri. Lalu saya menjadi lebih berani untuk mengisi goresan dengan berbagai warna. Dalam beberapa menit kertas gambar yang saya gunakan telah penuh dengan goresan-goresan beserta perpaduan warna. Tidak lupa saya memberi inisial nama saya sendiri dalam huruf jepang sebagai tanda kepemilikan gambar. Pada akhirnya lukisan saya telah selesai seperti pada gambar di atas. Lukisan tersebut tentu memiliki makna tersendiri karena setiap karna seni memiliki nilai keindahannya masing-masing yang tentunya tidak akan sama untuk setiap orang. Saya sendiri memiliki makna untuk lukisan yang saya buat. Saya mengibaratkan garis-garis biru tersebut membentuk sebuah bidang yang mirip dengan perahu dengan berbagai garis-garis lain disekitarnya. Dari hal tersebut saya dapat mengambil makna tentang perjalanan hidup seorang manusia yang diibaratkan sebagai perahu, dalam menyebrangi lautan akan mendapatkan berbagai goncangan. Begitu pula dengan kehidupan, dalam menjalaninya pasti akan menemui berbagai halangan dan tugas kita sebagai manusia harus selalu berusaha untuk menghadapi rintangan tersebut agar berhasil sampai titik kesuksesan.
Pengalaman melukis pertama saya tersebut sangatlah berkesan dan ada perasaan bangga saat telah berhasil menyelesaikan karya yang awalnya saya anggap susah. Selain itu, disamping dapat melukis, juga mendapatkan komentar serta arahan langsung dari dosen. Lukisan saya tersebut juga mendapat komentar  yaitu pada bagian inisial nama. Lebih baik hurufnya diganti dengan huruf Bali agar terkesan lebih seni. Dari segi kerapian juga perlu ditingkatkan agar warna tidak terkesan keluar batas. Pemilihan warna juga perlu lebih disesuaikan dengan warna disekitarnya. Berdasarkan hal tersebut nantinya saya akan dapat memperbaiki kesalahan dan kekeliruan yang saya lakukan dan lebih termotivasi untuk melukis dan membuat karya selanjutnya yang pastinya harus lebih baik dari itu.
BY      : NI PUTU EKA MAHENDRAWATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar