Let's enjoy

Minggu, 20 April 2014

PENDIDIKAN SENI RUPA



MOZAIK BUNGA MATAHARI

Salah satu teknik menggambar yang sering dijumpai di masyarakat adalah teknik mozaik. Mozaik adalah salah satu teknik menggambar dengan memanfaatkan bentuk tertentu sebagai bahan pengganti warna pada lukisan sehingga membentuk pola yang diinginkan. Pada umumnya mozaik dapat menggunakan bahan berupa keramik, kaca warna, biji-bijian atau benda lainnya yang diangggap cocok. Namun di dalam mozaik sederhana kita dapat menggunakan bahan berupa kertas warna atau kertas majalah. Kertas tersebut dipotong sesuai ukuran yang diinginkan kemudian dirangkai pada pola yang telah dibuat dan ditempelkan dengan lem, sehingga menghasilkan warna yang menarik. Akan lebih menarik jika warna yang digunakan tidak satu nada melainkan harus ada perpaduan. Pembuatan mozaik ini sangat memerlukan kesabaran dan ketelitian agar karya yang didapat lebih rapi. Waktu yang diperlukan juga cukup banyak bergantung pada bentuk mozaik yang akan dibuat.
          Teknik mozaik berbeda dengan teknik montase. Pada mozaik yaitu hanya ada pola dan nantinya bentuknya akan dirancang sendiri, sedangkan pada montase bentuk sudah ada dan kita tinggal menyusun bentuk-bentuk tersebut. Keduanya dapat menghasilkan karya yang unik jika dikerjakan dengan daya kreatifitas yang tinggi. Setiap karya memerlukan keahlian khusus. Teknik mozaik sebenarnya sudah ada sejak jaman nenek moyang yang dibuktikan dengan adanya peninggalan-peninggalan purba kala. Seperti contohnya bangunan-bangunan yang dihiasi dengan mozaik. Dahulu nenek moyang kita membuat mozaik dengan daya pikir mereka dan dengan bantuan alat sederhana dapat menghasilkan karya yang menarik. Kita sebagai penerus juga wajib untuk mengetahui dan mempelajari mozaik itu sendiri walaupun hanya dalam mozaik sederhana. Seperti yang dikatakan tadi mozaik tidak hanya dapat dibuat dari kertas namun juga dari berbagai bahan. Biji kacangpun dapat dimanfaatkan sebagai bahan mozaik. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana perawatannya agar tetap awet dan terjaga. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menyemprot mozaik dengan cat pilox agar tidak dimakan binatang tertentu. Berikut adalah hasil mozaik yang telah dibuat :


Mozaik di atas adalah mozaik bunga matahari. Warna yang dipakai disana dapat sesuai keinginan dan tidak harus bergantung pada objek aslinya. Adapun alat-alat yang diperlukan diantaranya : kertas gambar, lem, pemotong kertas dan kertas aneka warna. Proses pembuatannya diawali dengan membuat pola sederhana dan kemudian memotong kertas sesuai kebutuhan. Kertas warna tidak boleh dicampur agar mempermudah pengambilan warna. Tahap selanjutnya yaitu tahap menempel dan tahap inilah yang paling rumit. Menempel kertas harus hati-hati dan penuh kesabaran. Kerapian tempelan dapat mempengaruhi keindahan mozaik. Setelah percobaan yang dilakukan, ternyata dapat ditemukan bahwa tempelan yang rapat serta tidak ada celah yang putih di buku gambar terlihat lebih menarik dibandingkan dengan tempelan yang jarang. Jika mozaik telah selesai, kita juga perlu memberi motif pada dasarnya agar tidak membosankan. Pada mozaik di atas, digunakan kertas bekas kalender yang memiliki motif ukiran. Pada tahap awal pembelajaran mozaik kita dapat mengambil objek yang dekat dengan lingkungan kita misalnya tanaman bunga. Berdasarkan proses yang telah dipaparkan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa hal-hal yang perlu diperhatikan pada proses pembuatan mozaik adalah ketelitian pada proses penempelan serta pemisahan warna-warna kertas.
          Sebagai calon guru khususnya guru SD yang nantinya akan terjun langsung ke dunia anak-anak yang tentunya memiliki keunikan tersendiri, harus mampu mengajarkan secara baik. Jika teknik mozaik kita berikan pada anak-anak, maka akan dapat melatih kesabaran dan mampu meningkatkan imajinasi anak. Selain itu masih banyak makna yang didapat dari proses ini khususnya pada anak-anak. 

        Sekian postingan tentang mozaik di atas, semoga bermanfaat. Postingan ini dibuat untuk memenuhi tugas Pendidikan Seni Rupa.
          
          Nama        : Ni Putu Eka Mahendrawati
          NIM            : 1211031016
          Jurusan    : PGSD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar